Minggu, 11 Januari 2015

♠ Microsoft word ♠

Microsoft Word adalah suatu software pengolah kata dengan menggunakan system operasi Windows yang cukup handal memberikan kemudahan bagi para pemakai. Selain mudah dalam pengoperasian, variasi dan gaya huruf menggunakan model fullgrafik. Microsoft Word merupakan salah satu anggota dari Microsoft Office yang sering digunakan dalam hal pengolahan kata yang paling cangih saat ini.
Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. Microsoft Word juga merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat, membuat tabel pada dokumen. Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2007:
  • Hotkey / shortcut
Berupa kombinasi beberapa tombol tertentu  pada keyboard yang menyebabkan program aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan suatu proses tertentu.
  • Toolbar (pada Mic. Word 2007 disebut ribbon)
Pada Mic. Word 2007, perintah-perintah sudah ditampulkan dalam grup-grup terpisah.
  • Ruler  margin (Indent)                                         
Digunakan untuk mengatur batas kiri dan kanan dari suatu halaman
First Line Indent Digunakan untuk mengatur posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf Hanging Indent Digunakan untuk mengatur posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragrafLeft Indent Digunakan untuk mengatur batas kiri untuk semua teksRight Indent Digunakan untuk mengatur batas kanan untuk semua teks

♥ Mengoperasikan Microsoft Word ♥

1. Membuka Microsoft Word Untuk membuka Microsoft Word ada 2 cara, yaitu :
♦Double Click icon Microsoft Word pada Desktop
♦Click Start à Programs à Microsoft Office à Microsoft Word 2007
2. Membuat Dokumen Baru Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
♦Tekan Alt+F à New à Blank Document
♦Tekan Ctrl+N pada keyboard
3. Membuka File yang sudah Tersimpan Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder komputer kalian, antara lain :
♦Tekan Alt+F à Open
♦Tekan Ctrl+O pada keyboard Dari kedua cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
4. Menyimpan Dokumen Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder komputer kalian, antara lain:
♦Tekan Alt+F à Save As
♦Klik icon Save pada ribbon
♦Tekan Ctrl+S pada keyboard Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen anda, dan Click Save.
5. Menutup File Dokumen
♦Tekan Alt+F à Close
♦Klik icon pada ribbon
6. Menutup Jendela Microsoft Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar